Taslim Syahlan : Sebelum Akhiri Jabatannya Presiden RI Joko Widodo Akan Bertemu Tokoh Lintas Agama di IKN

 




BALIKPAPAN --- Sebelum Mengakhiri masa jabatannya Presiden Joko Widodo Rabu ( 25/9/2024 ) akan  bertemu dengan  para tokoh lintas agama  yang tergabung di Forum Kerukunan Umat Beragama  ( FKUB ) dan pengurus  Asosiasi FKUB Indonesia di Ibu Kota Nusantara ( IKN ).


Hal itu disampaikan  Sekertaris Jenderal  ( Sekjen ) Asosiasi FKUB Indonesia  di Balikpapan, Selasa ( 24/9/2024 ).


Sekjen Asosiasi FKUB Indonesia  KH. Taslim Syahlan  mengatakan  bahwa para tokoh lintas agama mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama. 


Taslim Syahlan saat ditemui sejumlah media di Balikpapan  mengatakan bahwa para tokoh lintas agama ini saat bertemu  presiden  akan dibersamai Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia  Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet. Taslim Syahlan menjelaskan  usai mengkoordinasikan pengurus Asosiasi FKUB Indonesia  dan Ketua FKUB Provinsi  se Indonesia dalam persiapan mengadakan  audiensi dengan Presiden Joko Widodo  di IKN Rabu ( 25/9/3024 ).


“Kita akan terus memperjuangkan agar persaudaraan dan kerukunan lintas agama di Tanah Air betul-betul bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan para tokoh lintas agama sangat menentukan sekali untuk  mengambil  peran yang seluas-luasnya" katanya.


Menurutnya salah satu peran penting para tokoh lintas agama adalah bahwa mereka telah memberikan teladan, nasihat dan wejangan kepada masyarakat di akar rumput agar tetap dingin dan tidak memanas, menjaga iklim sejuk dan kondusifitas  masyarakat terlebih menjelang  dilaksanakannya pilkada serentak  di seluruh wilayah Indonesia.


“Sudah 79 tahun kita berhasil menjaga keselarasan hidup bersama, keberagaman, tentu saja dengan segala hambatan-hambatan dan tantangan-tantangan dilapangan yang ada, dan kita harap kedepan kita terus lebih maju dan berkembang  seiring  berjalannya  waktu " katanya.


Dijelaskan bahwa peran seluruh tokoh lintas agama  sangat penting dalam hal ini. Oleh sebab itu pada kesempatan  yang baik ini kita akan bertemu dengan Presiden dari para tokoh lintas agama untuk mendapatkan pencerahan bahwa bangsa ini akan maju kalau berhasil melampaui sekat-sekat identitas Suku RAs dan Agama (SARA) untuk bersatu padu,” tambahnya.


Taslim Syahlan  juga mengatakan bahwa  komunikasi dan silaturahmi antar tokoh dan umat beragama sampai saat ini berjalan baik. 


"Ke depan kita berharap agar komunikasi antar tokoh dan umat bisa berjalan dengan lebih baik sehingga munculnya gesekan-gesekan bisa diselesaikan dengan baik" pungkasnya. ( *Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama