Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro Klaten Ditunjuk Untuk Tes Kesehatan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

Kepala Tim Kerja Hukum dan Humas RSST, Kemaludin, saat gelar jumpa pers terkait pelaksanaan pemeriksaan kesehatan para paslon pilkada 2024. Senin, (2/9/2024) 


Kasihinfo.com Klaten – Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro Klaten, menjadi salah satu rumah sakit yang ditunjuk untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah dalam pilkada 2024. Pemeriksaan dilakukan selama tiga hari yaitu sejak hari sabtu, 31 Agustus hingga hari senin 2 September 2024.

Hal ini sesuai dengan keputusan KPU nomor 1090 tahun 2024, tentang pedoman teknik pemeriksaan kesehatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Walikota dan wakil walikota, bupati dan wakil bupati tahun 2024.

Kepala Tim Kerja Hukum dan Humas RSST, Kemaludin, Senin (2/9/2024), menyampaikan, KPU yang bekerjasama dengan RS Soeradji Tirtonegoro adalah KPU Kota Magelang, KPU Kabupaten Purworejo, KPU Kabupaten Temanggung, dan KPU Kabupaten Klaten.

Dalam pemeriksaan kesehatan ini, masing-masing KPU Kabupaten atau Kota mengirimkan sejumlah pasangan calon Kepala Daerah. Kota Magelang ada 2 paslon, yaitu Damar Prasetyono - dr. Sri Harso, M.Kes dan dr. H. Muchamad Nur Aziz Sp.PD dan Drs. KH M. Mansyur M.Ag. Kabupaten Purworejo juga ada 2 paslon, yaitu Yophi Prabowo S. H - Lukman Hakim S. Sos, M. Si dan Yuli Hastuti S. H - Dion Agasi Setiabudi S. I.kom., M. Si. Untuk Kabupaten Temanggung ada 3 paslon yaitu Agus setyawan, SE - drg. Nadia Muna, Frs. R. Heri Ibnu Wibowo - Fuad Hidayat, S.Sos., M.Si dan M. AL Khadziq - Bimo Alugoro. Klaten ada 3 paslon, yaitu Drs. W. Herry Wibowo, M.H. - Wahyu Adhi Dermawan, H. Yoga Hardaya, S.H., M.H. - Hj. Sova Marwati, S.S. dan  Hamenang Wajar Ismoyo, S.I.Kom - H. Benny Indra Ardhianto.


“ total ada 10 pasangan calon kepala daerah dari 3 kabupaten  dan satu kota yang melakukan pemeriksaan kesehatan di RSST, “Kata Kemaludin.


Kemaludin menambahkan, pemeriksaan hari pertama diisi dengan technical meeting dan pemeriksaan MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory).

Kemudian hari kedua atau Minggu berupa pemeriksaan BNN (narkotika), psikologi, urologi, wawancara psikiatri, wawancara psikologi, pemeriksaan jantung, THT (telinga, hidung, tenggorokan), pemeriksaan syaraf dan bedah.

Dan pada hari ketiga atau Senin berupa pemeriksaan laboratorium (urin dan darah), pemeriksaan paru, pemeriksaan orthopedi, pemeriksaan mata, pemeriksaan obstetri ginekologi, pemeriksaan rontgen, USG (ultrasonografi) abdomen.

“Ini adalah kedua kalinya RSST melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi paslon untuk persyaratan Pilkada, “ Katanya.

Para calon kepala daerah yang mengikuti pemeriksaan kesehatan memberikan apresiasi atas pelayanan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit. Seperti yang diungkapkan oleh, Agus Setyawan Calon Bupati dari kabupaten Temanggung. Selain mengapresiasi pelayanan yang baik menurutnya, pemeriksaan kali ini pemeriksaan secara lahir dan batin.

“ yang jelas kalau pelayanan sangat baik. Sedangkan menurut saya, pemeriksaan ini adalah pemeriksaan lahir bathin, walaupun melelahkan, dan capeknya bukan main, karena butuh persiapan pra pilkada dan pilkada, hingga jika mendapatkan kepercayaan untuk memimpin Kabupaten Temanggung bisa secara lahir dan batin pula karena sudah teruji, “ Ungkap Agus.


Paslon Hamenang-Beny dari Kabupaten Klaten saat ikuti jumpa pers usai lakukan pemeriksaan kesehatan. 

Sedangkan salah satu calon bupati dari kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan, dalam pemeriksaan tes kesehatan selama 3 hari ini berjalan dengan lancar. Ia mengatakan jika yang dites tidak hanya raganya saja melainkan jiwa juga tak luput dalam pemeriksaan.

“selama tiga hari ini, kami dari paslon Hamenang dan mas beny, serta dua pasangan calon lainnya, yoga -sofa dan herry Wibowo – Wahyu adhi, telah mengikuti berbagai tes kesehatan di RSST ini,  dan semuanya berjalan dengan lancar. Luar biasa, tidak hanya raganya yang dites, tapi jiwanya juga dites dengan detail, semoga hasilnya baik,” Kata Hamenang. (hrd)

 

 

 

 

Lebih baru Lebih lama