Grand Opening RSU PKU dr. Soemowidagdo Boyolali. Wabup : Ini Penting Dan Strategis, Guna Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

 

Wabup Boyolali, Wahyu Irawan memotong pita saat Grand Opening RSU PKU Soemowidagdo Boyolali. Sabtu, (7/9/2024). 

 

Kasihinfo.com Boyolali – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Delanggu, Klaten, kembali menambah amal, usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang pelayanan kesehatan yaitu melakukan Grand Opening RSU PKU dr. Soemowidagdo Boyolali yang beralamat di Tegalarum RT 22/ RW 01, Desa Keteguhan Kecamatan Sawit Boyolali.

Pelaksanaan Grand Opening dihadiri ratusan tamu undangan mulai dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Boyolali di hadiri oleh Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, Dinas Kesehatan, DPMPTSP, Ketua pimpinan pusat muhammadiyah, dr. H. Agus  Taufiqurrahman, Ketua PWM Jateng K.H Tafsir, jajaran PDM Klaten dan Boyolali, jajaran PCM Delanggu, Camat Sawit dan tamu undangan lainnya.

Secara simbolis, Grand Opening ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, dan disaksikan oleh ketua PP Muh, dr. H Agus  Taufiqurrahman, ketua PWM Jateng K. H Tafsir, Direktur RSU PKU dr. Soemowidagdo dr. Feri Ardi Kurniawan dan sejumlah jajaran PCM Delanggu.

Direktur holding RSU PKU Muhammadiyah dr. Soemowidagdo Boyolali, dr. Ma'mun Sukri dalam sambutanya mengatakan, Setelah dilakukan perbaikan selama dua tahun, pada hari ini, Sabtu, (7/9/2024) rumah sakit Soemowidagdo diluncurkan untuk melayani masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan di wilayah Sawit dan sekitarnya.

“ setelah selesai dilakukan perbaikan hampir selama 2 tahun, maka hari ini, rumah sakit Soemowidagdo kita luncurkan untuk siap melayani masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan”, Katanya.

Ia menambahkan, secara umum, rumah sakit Soemowidagdo dimiliki oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, tetapi yang mendirikan adalah Muhammadiyah Delanggu, namun lokasinya berada di wilayah muhammadiyah Boyolali.

“ Dengan kolaborasi dan kerjasama antara muhammadiyah Delanggu dan Sawit, harapanya rumah sakit ini berkembang dengan pesat dan mampu melayani kebutuhan masyarakat dengan baik, “ Harap Ma'mun Sukri.



Ketua PCM Delanggu, Prof Harun mengatakan RSU PKU Muhamadiyah dr. Soemowidagdo Boyolali ini merupakan AUM keempat di bidang kesehatan yang dikelola oleh PCM Delanggu.

PCM Delanggu saat ini mengelola lima rumah sakit yaitu RS PKU Muhammadiyah Delanggu, PKU Muhammadiyah Pedan, RS PKU Muhammadiyah Kartosuro, RSU PKU Muhammadiyah dr Soemowidagdo Boyolali dan yang kelima yaitu kerjasama dengan PDM Kota Salatiga dalam pembangunan RS PKU AR Fachrudin Salatiga.

“ saat ini telah melakukan perencanaan pembangunan untuk RS PKU AR Fachrudin Salatiga. Bahkan dalam waktu dekat  akan diadakan seremonial peletakan batu pertama untuk pembangunan tersebut”, Katanya.

Prof Harun menambahkan, terkait penggunaan nama rumah sakit, Soemowidagdo, Ia merupakan tokoh Muhammadiyah, dan perintis PKU tahap awal  sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Soemowidagdo merupakan seorang dokter, jasanya luar biasa yang berkecimpung saat itu.

“ Untuk mengenang jasa beliau kini diabadikan sebagai nama rumah sakit PKU yang berada di Sawit Boyolali ini,”ujarnya.

Wabup Boyolali Wahyu Irawan mengapresiasi langkah usaha yang dilakukan oleh jajaran PCM Delanggu Klaten dengan mendirikan sebuah rumah sakit ini. RSU PKU Muhammadiyah dr Soemowidagdo Boyolali menjadi rumah sakit ke 13 yang existing berdiri di kabupaten Tersenyum.

“ Keberadaan rumah sakit ini sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Boyolali. Keberadaan rumah sakit ini harus bisa dimanfaatkan dalam menjawab tantangan kebutuhan masyarakat baik dari aspek kualitas kuantitas yang akhirnya akan meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat Boyolali secara keseluruhan”, Kata Wahyu. (hrd)

 

 

 

 

Lebih baru Lebih lama